Kamis, 09 Januari 2014

10 Tips untuk Keamanan Android



Android.
Apa itu Android? Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google.Inc. Sistem operasi ini digunakan untuk perangkat seperti: komputer, Smartphone, tablet, maupun telepon selular.
Siapa sih yang tidak tahu Android?
Zaman semakin canggih dan modern. Nama Android sangatlah terkenal di kalangan pengguna Smartphone saat ini.


Dengan sekitar 53 % dari pangsa pasar (menurut comScore), sebagian besarnya dari pemilik Smartphone memiliki platform Android pada perangkat mereka. (termasuk saya)
Sayangnya, popularitas pada Android juga menjadi target favorit bagi para Hacker Mobile.

Cameron Camp, Peneliti keamanan dengan ESET, menawarkan sepuluh tips untuk mengamankan perangkat Android anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tetapkan Google Play untuk setiap pengambilan Aplikasi

Anda menemukan sebuah aplikasi pada Website yang menipu? meskipun terlihat sama seperti dari Google Play, itu bisa saja berisikan kejutan yang berbahaya, Camp memperingatkan.
“Aktor yang jahat membungkus aplikasi tradisional dengan software berbahaya yang dapat meng-hack perangkat anda, mengirim pesan SMS premium, merekam semua interaksi anda dan mengirimkannya ke luar negeri, atau berbagai macam kemungkinan lainnya,” Katanya. “Angry Birds adalah aplikasi populer yang telah di bungkus dengan cara ini, tetapi banyak aplikasi populer lainnya yang bisa saja telah di bungkus sama persis”.

2. Menggunakan kunci yang simple

Password-mengunci ponsel anda merupakan langkah pertama.
Tetapi, ada aplikasi sederhana yang menerapkan teknik pembuka kunci (Unlocking) yang lain -biasa kita sebut dengan Think Gestures- yang dapat melakukan keajaiban untuk mencegah mata-mata pengintip dari pengunduhan informasi pribadi anda, kata Camp.
Contohnya termasuk Aplikasi pengunci (App Lock) dan Sidik Jari Pengunci (Fingerprint Locks), katanya.

3. Pilihlah Jaringan anda dengan Bijaksana

Semua jaringan tidak diciptakan sama.
Hubungkan dengan yang anda kenal dan percaya saja, dan waspadalah terhadap Hot Spot  tanpa jaminan di kota.
Selain itu, tunggu sampai anda tiba di rumah untuk lapisan keamanan tambahan untuk transaksi yang sensitif, atau idealnya menggunakan komputer anda di rumah (yang memiliki pengaturan keamanan yang sangat baik serta perlindungan yang aman. Benar kan?)

4. Baca dengan baik perjanjian tertulis pada aplikasi

Apakah aplikasi lucu yang anda download memiliki akses ke semua rahasia ponsel anda?
Terkadang User Agreements itu menipu dalam hal berbagi data.
Sebelum anda men-download sebuah aplikasi, pastikan anda mengerti data apa yang dapat di aksesnya, dan apa yang dapat dilakukannya dengan data tersebut.

5. Memiliki fungsi “Remote Control”

Jika ponsel anda hilang, milikilah cara untuk memberikan perintah dari jarak jauh untuk menghapus data sensitif dan/atau melacaknya menggunakan GPS atau teknologi lainnya.
“Setidaknya anda akan mengetahui dimana tempat untuk mulai mencari, meskipun jika tertimbun di kursi belakang mobil anda,” Kata Camp.
Contoh aplikasi yang didalamnya terdapat remote control dan layanan lokasi service yaitu Seek Droid dan Android Lost.

6. Kurangi Aplikasi

Perangkat anda akan lebih cepat, lebih aman, dan tidak terlalu rentan terhadap masalah jika anda memangkas lebih sedikit aplikasi menjadi aplikasi yang dibutuhkan saja. Plus bonus: Baterai anda akan berterima kasih, pesan Camp

7. Memiliki rencana cadangan

Ponsel hilang, dicuri, lupa ada dimana, didorong dari atas, atau terkena air/terendam. (kebanyakan hilang).

jika anda menghilangkan ponsel anda atau merusaknya, milikilah cara untuk menyelamatkan kontak anda, file dan informasi pribadi lainnya. Ada aplikasi seperti My Backup Pro dan Super Back Up yang mem-back up  data anda jika kasus tersebut terjadi.

8. Perhatikan Aplikasi Keamanan Mobile

Tidak ingin khawatir tentang penipuan berikutnya yang melanda ponsel anda? Temukan sebuah aplikasi yang dapat bertindak sebagai penjaga keamanan dan membuat anda tetap waspada, seperti yang anda gunakan pada komputer rumah. Banyak vendor keamanan utama yang membuat aplikasi unuk android, termasuk ESET, Avast, Lookout, Symantec, AVG dan Kaspersky.

9. Hati-hati dengan SMS Palsu

Mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa perangkat mobile anda akan segera dikenakan azab tertentu? Periksa link sebelum anda meng-klik nya, mungkin hal itu akan mengirimkan anda pada perburuan liar melalui situs jahat yang mencoba untuk menipu anda.
Malware yang menyamar sebagai aplikasi keamanan yang juga di kenal sebagai “scareware” adalah beberapa penipuan yang paling banyak di Android dalam beberapa bulan terakhir.

10. Kunci Otomatis Barang-barang berharga anda

Jika perangkat anda didiamkan di sekitar anda, telah otomatis mengunci sendiri. Dengan cara ini, jika ponsel anda di curi, informasi yang anda miliki akan aman lebih lama ketika anda mengaktifkan “remote control” anda. Anda memiliki salah satunya kan?

Sumber: http://www.csoonline.com/slideshow/detail/83243/10-tips-for-Android-security

0 komentar:

Posting Komentar