Jumat, 10 Januari 2014

Berdakwah Dengan Perbuatan

Saya ingin sedikit berbagi cerita.. semoga bermanfaat.


# Pagi-pagi di kantor
Pagi itu saya sedang duduk di meja kantor (baru beberapa menit tiba). Disana saya juga masih dibilang Junior, karena saya baru sebulan lebih masuk kerja. Tiba-tiba ada yang mencolek punggung saya dari belakang. Ternyata ia adalah senior saya yang umurnya hanya berbeda tiga tahun dengan saya.
Senior : “Siti”.
Saya : “Eh..?(Langsung nengok). Eh.. iya mbak? “.
Senior : “Sholat Dhuha yuuk..”.
Saya : “Hehehe ayuk ayuuk (Nyengir)”. dalam hati berkata: “Tumben..:D”.
Saya heran, selama sebulan lebih ini, hampir tiap pagi Sholat dhuha nggak ada yang nemenin ataupun ngajak. Bahkan pagi-pagi pun mereka adem ayem aja. Sibuk masing-masing. Palingan ketemu juga di Mushola.
Semenjak saat itu, senoir saya tersebut semangat sekali untuk mengajak saya Sholat Dhuha. Awalnya pun hanya saya dan dia, tapi kemudian ada yang ikut gabung, dan ada lagi. jadi, setiap Sholat dhuha, barengan. (Alhamdulillah).


#Di suatu pagi berikutnya
Saya melihat kedua senior saya sudah tiba dan sedang duduk dimejanya. Saya samperin deh..buat ngajakin Sholat Dhuha.
Saya : “Mba, Sholat Dhuha yuk,,”.
Senior 1 : “Ayuk.. ”.
Senior 2 : “Tunggu bentar, aku lagi makan.”
Saya : “Okeh..:)”.
Senior 1 : “Kerudung kamu lebar banget. Tebel gitu. Kamu pake dobel yah? (Sambil megang kerudung saya)”
Saya : “Oh,, kalau yang ini nggak mbak, soalnya kerudungnya udah tebel dan lebar dari sananya. Kalo model yang biasa saya pakai itu, baru saya dobel. hehe”.
Senior 1 : “Kenapa? Carang yah?”
Saya : “Iyah mbak, ntar keliatan leher sama kupingnya. Nggak enak gitu, risih. Terus biar nutupin dada juga.”.
Senior 1 & 2 : “Oooh.. (angguk-angguk kepala)”.
Senior 1 : “Kerudungku ini nggak di dobel. Tipis gini. Keliatan nggak tuh..?(ngasih liat kerudung yang dipakainya)”.
Saya : “Iyah mbak, kelilatan tuh..:D”
Senior 2 : “Aku juga nih.. carang.. ya kan? (Sambil ngunyem)”.
Saya : “Iya mbak. hehe”
Senior 1 : ‘Gimana sih caranya pake dobel gitu?’
Saya : “Kalo pake kerudung di dobel itu, ya di rangkap mba.. jadi, yang jadi kerudung luar itu di taruh di luar, terus ditindihin sama kerudung yang buat dalemnya. abis itu ditekuk deh.. kayak kita pake kerudung biasa aja..gampang kok.. beneran deh..:D”.
Senior 1 & 2 : “Hmm..(sambil mikir)”


Setelah selesai sholat ketika menuruni tangga, senior saya yang pertama berkata:
Senior 1 : “Siti. menurutmu.. penampilanku ini yang mana yang belum sesuai? (Ngelirik penampilannya)”.
Saya : “(Sambil merhatiin dari atas sampai bawah) hmm… Kaos kaki harusnya pake mba..:D terus kerudungnya carang..”
Senior 1 : “Baju? baju?”
Saya : “Hemm.. udah sesuai mba, nggak ngetat. Mba juga pake rok terus. tinggal disempurnain ajah (Nyengir)”
Senior 1 : “Oh.. gitu yah.. hehe iya yah, harusnya pake kaos kaki. kan kaki itu aurat yah? hehe”.
Saya : “Iya mbak..:D”.
Senior 1 : “belajar dikit-dikit”.
Saya : “Hehe iya mbak.. pelan-pelan” (Alhamdulillah)


# Beberapa minggu kemudian
Saat itu, saya tidak pulang tepat waktu dikarenakan harus lembur.
Ketika saya akan mengambil air wudhu untuk sholat maghrib, senior saya yang kedua tiba-tiba berkata dari belakang sembari melihat saya dari cermin yang memantul didepannya.
Senior : “Siti. Aku pengen pake baju kayak kamu !”
Saya : “Eh..” langsung melirik.
Senior : “Pengen pake baju yang kayak kamu gitu. Syar’i gitu loh..”.
Saya : “Ooh..hehe” (Nyengir lebar).
Senior : “Pengen beli baju kayak kamu. Gimana yah?”.
Saya : “Waah.. bagus tuh mba. Pake ajah, enak loh dipakenya. Anget, aman, terus nggak risih mba..hehehe”.
Senior : “Bajuku sedikit yang kayak gitu. pengen beli dulu.”
Saya : “Ia.. belilah mbaa..:D”
Senior : “Iah.. aku pengen beli buat gonta-ganti. Mau ngumpulin dulu. Biar banyak. hehehe. Tapi.. aku banyak dosa nih.. “.
Saya : “Ya ampun mbak.. saya juga banyak dosa. Semua manusia punya dosa. Ayo mba.. pake..:)” (Alhamdulillah).

#
Sobat, bagaimana menurutmu tentang percakapan di atas?
Kenapa senior saya tersebut tiba-tiba berkata seperti itu? Ya.. karena menurutnya, apa yang telah kita lakukan tersebut menarik hatinya. Membuatnya ingin seperti kita - ingin menggunakan pakaian syar’i dsb - karena mungkin baginya hal tersebut terlihat rapi, nyaman, dan juga anggun.
Kenapa bisa sih?
karena, apa yang kita tunjukkan, itulah yang mereka nilai. Mereka melihat, mendengar bahkan mengamati gerak-gerik kita. Jika hal tersebut membuatnya menjadi tertarik untuk melakukan hal yang menuju lebih baik lagi, maka secara tidak langsung kita telah berdakwah. Ya. Berdakwah dengan perbuatan.
Dakwah tidak mesti selalu dengan omongan dan juga tulisan. Karena saya memang bukan tipe orang yang pandai untuk berorasi, maupun berkata-kata dan menulis.Dakwah juga bisa dilakukan melalui perilaku dan perbuatan kita.


Saya masih ingat ketika Mentor saya waktu SMA berkata:
“Dakwah itu tidak mesti dengan kata-kata dan juga tulisan. Dakwah juga bisa dilakukan dengan perbuatan dan budi pekerti kita, akhlak yang mulia. Jika kita mampu menunjukkan kepada mereka bahwa Islam itu indah, Muslimah itu Anggun, Insyaallah kita telah berdakwah untuk mereka. Asalkan kita tetap Istiqomah”


Insyaallah jika niat kita baik, Allah akan memudahkan. :)


Semoga Allah selalu memberikan hidayahnya kepada kita. Aaamiin..



2 komentar: